Inilah 5 Kebiasaan Yang Menjadikan Anda Sukses

Motivasiana.com –  Anda ingin sukses? Atau setidaknya mengubah hidup menjadi leibh baik? Jika mau ~ dan semua orang pastinya mau ~ maka artikel kali ini harus Anda baca.

Apakah Anda tahu kalau sukses dimulai dari kebiasaan yang Anda lakukan? Apa yang Anda lakukan secara rutin tiap hari itulah yang menentukan apa yang Anda dapatkan kemudian. Anda boleh saja punya mimpi setinggi Himalaya atau sedalam samudera. Tapi, kalau Anda tidak punay kebiasaan yang mendukung, sampai mati pun Anda bakal kesulitan mewujudkannya.

Sukses yang besar kadang tidak melulu karena tindakan yang besar, melainkan dari tindakan kecil dan sederhana tapi dilakukan terus-menerus secara konsisten. Dan konsisten mendatangkan kebiasaan atau habit. Kebiasaan inilah yang menentukan apakah Anda akan suskes atau malah mundur semakin jauh dari tujuan.

Inilah 5 kebiasaan yang mengubah hidup Anda atau menjadikan Anda lebih sukses. Check it out.

#1. Bangun lebih pagi. Survey menunjukkan sebagian besar orang-orang sukses selalu bangun lebih pagi. Banyak hal yang mereka lakukan, antara lain membuat rencana tindakan atau prioritas yang akan dikerjakan sepanjang hari. Atau mereka berolah raga supaya tubuh lebih bugar dan pikiran lebih segar.

Pemimpin dan orang-orang ternama seperti Howard Schultz (pemilik Starbucks), Richard Branson (CEO Virgin Group), CEO Apple Tim Cook dan CEO Disney Bob Iger dikenal sebagai orang yang bangun pagi.

Bandingkan dengan orang-orang malas yang bangun siang atau memang sengaja bangun siang. Kalau dulu orang tua bilang, itu rezeki sudah dicatok ayam.

#2. Meluangkan sedikit waktu untuk membaca. Tahukah Anda, sebagian besar orang-orang sukses dan kaya di Amerika memiliki perpustakaan buku di rumahnya. Orang-orang sukses gemar membaca untuk menambah wawasan dan mengembangkan diri.

Apakah itu berarti kebiasaan membaca buku menjadikan mereka sukses seperti sekarang? Bisa jadi. Investasi otak adalah salah satu investasi yang takkan pernah rugi. Investasi seperti ini dapat menjadikan Anda mampu meraih hal-hal yang luar biasa dalam hidup ini.

Di abad 21 ini, siapa pun yang menguasai informasi, dialah yang menguasai dunia. semua itu bisa Anda raih dengan membaca buku. Inilah investasi yang bisa dilakukan semua orang yang ingin menjadi sosok yang selalu berkembang dalam hal mental, kemampuan, ketrampilan maupun spiritual. Semua itu bisa Anda lakukan hanya dengan membaca buku. Tidak perlu lama-lama, cukup dengan 30 menit sehari membaca buku, maka Anda sudah lebih maju dalam hal pemikiran dan mindset ketimbang kebanyakan orang.

#3. Buat daftar prioritas. Tahukah Anda mengapa seorang bos selalu didampingi sekretaris? Salah satunya adalah supaya sekretaris bisa mengatur semua jadwal kegiatan si bos. Ketika bos ingin tahu jadwalnya, ia tinggal tanya sekretarisnya. Sekretaris menulis semua catatan daftar kegiatan dan tinggal melihatnya ketika diminta bos. Kalau tidak begitu, aktivitas si bos pasti amburadul karena tak ada pengelolaan waktu yang baik.

Nah, Anda juga harus begitu. Bagaimana kalau Anda tidak punya sekretaris? Gak usah menangis. Saya pernah menulis artikel ini, yang tak disangka menjadi artikel terfavorit. Judulnya Bagaimana Menjadi Produktif Dengan 4 Prinsip Praktis. Klik di judul untuk membaca.

#4. Berusaha untuk bekerja sama. Sekarang bukan lagi zaman dulu di mana Anda bisa menjadi single fighter—semuanya Anda lakukan sendiri, multi rangkap. Berusahalah bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan atau aktivitas.

Kalau bisa sendiri, itu tidak masalah. Kalau tidak bisa, jangan dipaksa. Anda pasti jadi stres. Bukankah kekuatan banyak orang jauh lebih besar ketimbang kekuatan sendiri. Bersatu kita besar, bercerai kita hancur. Jangan terlalu egois dengan merasa bahwa Anda bisa melakukan semuanya sendiri.

Kita adalah makhluk sosial yang membuat kita selalu tergantung dengan orang lain, tak bisa hidup sendiri. Buktinya nih, nasi yang Anda makan. Dari padi sampai nasi butuh beberapa orang yang terlibat. Petani, buruh pabrik padi, pekerja padi, distributor, penjual, dan orang tua yang memasak nasi. Butuh banyak orang. Itu baru masalah nasi, belum lagi yang lainnya.

Jika Anda ingin sukses atau membangun bisnis yang sukses, Anda kadang butuh bantuan banyak orang untuk menjadi satu tim yang bersama-sama berjuang untuk sukses.

#5. Tersenyum dan berikan senyum. Pernah ketemu orang yang pelit senyum apalagi cemberut? Maukah Anda dekat-dekat dengannya? Begitu pula orang lain yang melihat Anda pelit senyum apalagi tukang cemberut.

Orang yang suka cemberut, energi positifnya kurang dan energi negatifnya banyak serta mempengaruhi orang-orang sekitar. Energi itu sifatnya menular seperti virus. Begitu Anda marah-marah, biasanya sekeliling Anda akan kena getahnya. Pada akhirnya aura dan energi itu akan kembali ke diri Anda. Anda akan kembali merasakan energi yang Anda pancarkan ke orang lain.

Maka dari itu, lebih baik tersenyum. Bayangkan tiap kali bertemu orang, Anda tersenyum. Orang lain jadi senang, dan mereka akan kembali memperlakukan Anda dengan hal yang sama, yaitu membalas senyum. Bahkan tidak jarang akan muncul pujian dan rasa hormat dari mereka. Bukankah itu indah?

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa share ke teman-teman Anda lewat Facebook dan Twitter di bawah. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *